Selasa, 15 Januari 2013

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

2.      Manfaat blog:
·         Menambah pengetahuan – Kegiatan ngeblog menuntut kita untuk menulis artikel-artikel yang berguna bagi orang lain. Apapun tema blog kita, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut kita untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah,kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru.
·         Menambah teman se hobby – Mendapat banyak teman di internet mungkin lebih mudah dilakukan di situs sosial semacam facebook dan twitter. Tapi Mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa lebih menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby tertentu, dansaling membantu.
·          Membantu orang lain – Setiap hari puluhan juta orang di indonesia online menggunakan google untuk mencari artikel, tips-tips maupun info-info terbaru dari berbagai bidang. Jika kita benar-benar menulis artikel yang informatif dan berguna bagi pembaca, otamatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka cari.
·          Menumbuhkan jiwa wirausaha  Manfaat blog yang ini yang paling asik. Tentunya bagi kita yang punya tujuan menghasilkan uang dari blog. Dengan mengenal dunia blogging, nantinya secara otomatis kita akan terbawa ke dunia SEO, Internet Marketing, Bisnis online, dan semua hal yang berhubungan dengan pengetahuan untuk menghasilka uang secara online. Bukankah secara tidak langsung hal itu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri kita?
·          Menyalurkan bakat – Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis. Apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunya bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog.
·         Menuangkan Ide, pendapat – Pernah punya ide-ide segar di otak atau perasaan berkecamuk tentang suatu hal atau isu-isu sosial yang membuat gerah? Well, menumpahkan semua itu dalam sebuah blog membawa kepuasan tersendiri dan membuat lega alias plong. Apalagi ide-ide ,pendapat, maupun pandangan kita dibaca banyak orang. Tentunyamembuat semakin excited karena akan terjadi saling tukar informasi yang bermanfaat disana.
·         Menghasilkan uang – Ini dia manfaat blog yang paling menyenangkan. Kita bisa menghasilkan uang melalui blog dengan mengikuti program-program periklanan, menjual produk dan jasa, baik produk/jasa milik sendiri maupun jasa/produk orang lain (affiliasi). 
3.      Beretika ngeblog:
·         Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
·         Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.
·         Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
·         Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
·         Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.
·         Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.
·         Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
·         Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
·         Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.
·         Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.
·         Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
·         Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog

0 komentar:

Posting Komentar